TUGAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL
NUMBERED HEADS TOGETHER (KEPALA BERNOMOR)
DISUSUN OLEH
DEDE PRATIWI 2222101678
![]() | |||||
![]() | |||||
![]() | |||||
4D DIKSATRASIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 75 JAKARTA
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : XI / 1
Waktu : 2x35menit (2 Jam pelajaran)
A.Standar
kompetensi : Mendengarkan
Memahami berbagai informasi dari
sambutan/khotbah dan wawancara
B.
Kompetensi dasar
Menemukan pokok-pokok
isi sambutan/ khotbah yang didengar
C.Indikator
Ø Siswa
mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
Ø Siswa menuliskan
pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
Ø Siswa menyampaikan
(secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
I.
Tujuan
pembelajaran
Ø Siswa
dapat memahami pokok-pokok isi sambutan/ khotbah dengan baik dan benar
Ø Siswa
dapat menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut kedalam beberapa kalimat
Ø Siswa
dapat menyampaikan secara lisan ringkasan sambutan atau khotbah.
Karakter siswa yang diharapkan:
bertanggung jawab, tekun.
II.
Materi
pokok
Sambutan atau khotbah
Ø Pokok-pokok
isi sambutan
Ø Ringkasan
sambutan/khotbah
III.
Metode
pembelajaran
Model : Numbered heads together (kepala
bernomor)
IV.
Langkah-langkah
pembelajaran
Ø Kegiatan awal:
- Guru mengucapkan salam pembuka dan
berdoa
- Absen
- Tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai
- Menjelaskan kepada peserta didik
tentang pembelajaran dengan metode
Numbered heads together (kepala bernomor)
-Tanya jawab tentang materi pelajaran
yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang
sambutan/khotbah
Ø Kegiatan inti:
·
Eksplorasi
Dalam Eksplorasi, guru:
o
Memberikan pemahaman mengenai sambutan/khotbah
dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.
·
Elaborasi
Dalam Elaborasi, guru:
o
Membagi peserta didik dalam kelompok,
setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
o
Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakanya.
o
Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui
jawabanya.
·
Konfirmasi
Dalam Konfirmasi guru:
o
Guru memanggil salah satu nomor peserta
didik dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
o
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain
Ø Kegiatan penutup:
Dalam Kegiatan penutup, guru:
o
Guru memberi kesimpulan
o
Guru
menutup pertemuan dengan mengucapkan salam dan berdoa
V.
Alat
dan bahan
Tape/ kaset khotbah
VI.
Penilaian
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
PRODUK HASIL DISKUSI
NO.
|
NILAI
BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
TEHNIK
PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH
INSTRUMEN
|
1.
2.
|
Bertangung
jawab:
Perilaku
yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan bertanggung jawab
Tekun
|
Siswa mencatat
pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
|
-Lisan
-Tertulis
-Penugasan
|
Lembar
penilaian
|
Tuliskan pokok-pokok
isi sambutan tersebut kedalam beberapa kalimat
|
Siswa
menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
|
|||||
Siswa
menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
PRODUK HASIL DISKUSI
NO.
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1.
|
Konsep
|
*semua
benar
*sebagian
besar benar
*sebagian
kecil benar
*semua
salah
|
4
3
2
1
|
PERFORMANSI
NO.
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1.
|
PENGETAHUAN
|
*Pengetahuan
*Kadang-kadang
pengetahuan
*Tidak pengetahuan
|
4
2
1
|
2.
|
PRAKTEK
SIKAP
|
*Aktif Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif
|
4
2
1
|
3.
|
SIKAP
|
*Sikap
*Kadang-kadang sikap
*Tidak sikap
|
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
NO.
|
NAMA SISWA
|
PERFORMAN
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
Produk
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai= (jumlah skor : jumlah skor
maksimal) x 10.
Ø Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
……….., ……….20 ……….
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
…………………………….. …………………………
NIP/NIK: NIP/NIK:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar