TUGAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL
NUMBERED HEADS TOGETHER (KEPALA BERNOMOR)
DISUSUN OLEH
DEDE PRATIWI 2222101678
4D DIKSATRASIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 75 JAKARTA
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : XI / 1
Waktu : 2x35menit (2 Jam pelajaran)
A.Standar
kompetensi : Mendengarkan
Memahami berbagai informasi dari
sambutan/khotbah dan wawancara
B.
Kompetensi dasar
Menemukan pokok-pokok
isi sambutan/ khotbah yang didengar
C.Indikator
Ø Siswa
mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
Ø Siswa menuliskan
pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
Ø Siswa menyampaikan
(secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
I.
Tujuan
pembelajaran
Ø Siswa
dapat memahami pokok-pokok isi sambutan/ khotbah dengan baik dan benar
Ø Siswa
dapat menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut kedalam beberapa kalimat
Ø Siswa
dapat menyampaikan secara lisan ringkasan sambutan atau khotbah.
Karakter siswa yang diharapkan:
bertanggung jawab, tekun.
II.
Materi
pokok
Sambutan atau khotbah
Ø Pokok-pokok
isi sambutan
Ø Ringkasan
sambutan/khotbah
III.
Metode
pembelajaran
Model : Numbered heads together (kepala
bernomor)
IV.
Langkah-langkah
pembelajaran
Ø Kegiatan awal:
- Guru mengucapkan salam pembuka dan
berdoa
- Absen
- Tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai
- Menjelaskan kepada peserta didik
tentang pembelajaran dengan metode
Numbered heads together (kepala bernomor)
-Tanya jawab tentang materi pelajaran
yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang
sambutan/khotbah
Ø Kegiatan inti:
·
Eksplorasi
Dalam Eksplorasi, guru:
o
Memberikan pemahaman mengenai sambutan/khotbah
dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.
·
Elaborasi
Dalam Elaborasi, guru:
o
Membagi peserta didik dalam kelompok,
setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
o
Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakanya.
o
Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui
jawabanya.
·
Konfirmasi
Dalam Konfirmasi guru:
o
Guru memanggil salah satu nomor peserta
didik dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
o
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain
Ø Kegiatan penutup:
Dalam Kegiatan penutup, guru:
o
Guru memberi kesimpulan
o
Guru
menutup pertemuan dengan mengucapkan salam dan berdoa
V.
Alat
dan bahan
Tape/ kaset khotbah
VI.
Penilaian
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
PRODUK HASIL DISKUSI
NO.
|
NILAI
BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
TEHNIK
PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH
INSTRUMEN
|
1.
2.
|
Bertangung
jawab:
Perilaku
yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan bertanggung jawab
Tekun
|
Siswa mencatat
pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
|
-Lisan
-Tertulis
-Penugasan
|
Lembar
penilaian
|
Tuliskan pokok-pokok
isi sambutan tersebut kedalam beberapa kalimat
|
Siswa
menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
|
|||||
Siswa
menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
PRODUK HASIL DISKUSI
NO.
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1.
|
Konsep
|
*semua
benar
*sebagian
besar benar
*sebagian
kecil benar
*semua
salah
|
4
3
2
1
|
PERFORMANSI
NO.
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1.
|
PENGETAHUAN
|
*Pengetahuan
*Kadang-kadang
pengetahuan
*Tidak pengetahuan
|
4
2
1
|
2.
|
PRAKTEK
SIKAP
|
*Aktif Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif
|
4
2
1
|
3.
|
SIKAP
|
*Sikap
*Kadang-kadang sikap
*Tidak sikap
|
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
NO.
|
NAMA SISWA
|
PERFORMAN
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
Produk
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai= (jumlah skor : jumlah skor
maksimal) x 10.
Ø Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
……….., ……….20 ……….
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
…………………………….. …………………………
NIP/NIK: NIP/NIK:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar