Minggu, 06 Januari 2013

Analisis novel karya artis Indonesia Poconggg juga pocong karya Arif Muhammad


Nama  : Dede Pratiwi S
Kelas   : 3D
NIM     :2222102678
                    
Analisis novel karya artis Indonesia
Poconggg juga pocong karya Arif Muhammad
Novel karya Arif Muhammad ini merupakan novel komedi yang sangat menggelitik. Arif Muhammad awalnya terkenal karena akun poconggg ditwitter yang dikelolanya di follow oleh 1.465.213 followers dan akan terus bertambah hingga saat ini. Sungguh jumlah yang sangat banyak. 80% orang Indonesia yang memiliki akun di twitter pasti memfollow akun poconggg ini. Dan 20% sisanya pasti tidak aktif di twitter sehingga tidak mengenal akun poconggg buatan Arif Muhammad. Saya pribadi pun cukup mengenal akun poconggg di twitter karena saya juga memfollow akun tersebut.
Arif Muhammad sebenarnya tidak memiliki basic menulis sama sekali, dia hanya seorang mahasiswa biasa disebuah universitas swasta diJakarta. Namun karena dia sangat popular di dunia maya, maka datanglah tawaran padanya untuk membuat sebuah buku. Tanpa berfikir dua kali Arif Muhammad segera menyetujui kontrak tersebut. Dibantu oleh Raditya Dika penulis yang booming karena blognya, dan dibantu oleh Benazrio riski yang seorang blogger juga maka jadilah buku pertama Arif Muhammad ini. Bahkan karena akun twitter poconggg ini, Arif Muhammad pun makin terkenal, menembus layar kaca dan bahkan layar lebar. Ketenarannya hampir menyaingi ayu tingting. Arif Muhammad juga membintangi film yang sama dengan buku yang dibuatnya yaitu Poconggg juga pocong. Sukses menembus layar lebar, Arif juga aktif menjadi bintang tamu tetap disebuah acara tivi disalah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.
Novel Poconggg juga pocong ini bergendre komedi horror. Arif berusaha mengubah image pocong yang ditakuti manusia menjadi sesosok hantu yang konyol, dan sama sekali tidak pantas untuk ditakuti. Sungguh terobosan baru didalam dunia penulisan kita. Tokoh utama dalam novel ini adalah Poconggg. Poconggg adalah sejenis spesies dari pocong, hantu kain putih yang kepala dan kakinya diikat simpul. Poconggg diceritakan sebagai hantu yang gagal. Dia hantu cupu, yang tidak seram, tidak sangar sehingga seringkali gagal menakuti manusia. Poconggg dianggap cupu oleh sesama hantu lainnya.
Untuk membuktikan bahwa dirinya bukanlah hantu yang cupu, maka pocongggpun menyanggupi tantangan dari anjaw pocong gang sebelah. Anjaw menantang poconggg untuk menakuti manusia dengan loncat-loncat pada tengah malam disebuah kompleks perumahan. Karena ingin membuktikan kejantanannya. Pocongggpun menyanggupi tantangan itu. Dia mulai loncat-loncat di kompleks perumahan yang disetujui sesuai janjinya. Semua berjalan biasa saja, tidak ada manusia yang bisa ditakuti, sampai akhirnya waktu subuhpun menjelang dan mengharuskan Poconggg untuk keluar kompleks perumahan itu sebelum para warga bangun untuk beraktifitas. Namun ketika Poconggg loncat menuju gerbang keluar kompleks ternyata gerbang keluar kompleks itu ditutup menggunakan palang besi yang tingginya sangat nanggung. Terlalu tinggi untuk diloncati, tidak ada pocong didunia ini yang menggelinding. Karena sangat shock karena baru sadar inilah sebenarnya tantangan yang sesungguhnya. Poconggg pun kelabakan. Jelas dia tidak bisa meloncati palang besi yang tinggi itu, akhirnya naas poconggg pun pingsan ditempat. Aksi pembuktian diri sebagai hantu machopun gagal.
Poconggg selalu diidentikan sebagai kekasih sejati kuntilanak, padahal ternyata pocong bukan hanya berjenis kelamin pria saja, karena ada juga pocong berjenis kelamin wanita. Namanya pocongwati. Disini Poconggg pernah jatuh cinta dengan seorang gadis sewaktu dia masih menjadi manusia, namun tentu saja, Poconggg ini sejenis mahluk yang cupu. Dia tidak pernah bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan pada gadis itu hingga diapun menjadi hantu.
Cerita horror tidak akan pernah seindah ini kawan, begitulah yang tertulis dinovel ini. Poconggg mengkritik film layar lebar di Indonesia yang dianggapnya sebagai film yang tidak bermutu dan tidak mendidik. Apalagi film horror nya kebanyakan menggumbar friedchiken alias paha dan dada, Poconggg mengungkapkan kekesalannya itu, dan berniat membuat film bermutu seperti film dengan idenya sendiri. Sungguh sangat kocak karena ternyata ide Poconggg itu juga menjiplak dari film Indonesia yang sempat booming seperti Laskar pelangi, Ayat-ayat cinta dan juga Ada apa dengan cinta.
Beda Poconggg dan bencong itu sangat tipis. Sewaktu ketika Poconggg sedang berkeliling mencari manusia untuk ditakuti. Diapun tersesat disebuah wilayah bernama Taman Lawang. Dan ternyata segerombolan polisi mengejar-ngejar mereka, otomatis Poconggg pun ikut loncat dengan sangat cepat agar bisa lolos dari para polisi. Tapi kemudian dia sadar, dia adalah hantu yang tidak bisa dilihat manusia begitu saja. Dia sadar yang dikejar polisi itu adalah segerombolan bencong, bukanlah Pocong. Maka dia menganggap Poconggg dan Bencong bedanya sangat tipis. Tragis.
Ketika saya membaca novel ini saya tidak hentinya tertawa terbahak-bahak membaca lembar demi lembar buku ini. Karena ceritanya sangat lucu. Mengubah paradikma kita akan sesosok hantu yang cukup ditakuti masyarakat kita saat ini. Padahal ini buku pertama Arif Muhammad, namun saya rasa sudah cukup baik isinya. Saya tidak menyesal telah membaca buku ini. Bahkan sekarang paradikma saya berubah, saya tidak takut lagi dengan hantu yang bernama pocong, karena apabila ingat hantu pocong, maka yang ada dalam otak saya adalah Poconggg lucu, konyol yang cupu dan sama sekali tidak ada maco ataupun seram sedikit pun. Buku ini sangat ringan dan dapat diobaca sebagai penghilang stess. Dapat dipastikan setiap orang yang membacanya pasti akan tertawa terbahak-bahak atau bahkan sampai terguling-guling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar